Tekan Jumlah Kuota Camaba, Kekeluargaan Sarankan PPMI Mesir Bekerja Sama dengan Lembaga Survei

 Tekan Jumlah Kuota Camaba, Kekeluargaan Sarankan PPMI Mesir Bekerja Sama dengan Lembaga Survei

Kunjungan PPMI Mesir ke Fosgama (Forum Studi Keluarga Madura)

Ppmimesir.or.id, Kairo—Dalam rangka menampung aspirasi Masisir sebelum menjalankan program, PPMI Mesir kembali melanjutkan agenda silaturahminya ke berbagai kekeluargaan Nusantara. Pada kunjungan kali  ini, PPMI Mesir menyambangi Sekretariat Gamajatim (Keluarga Masyarakat Jawa Timur), Fosgama (Forum Studi Keluarga Madura), dan Pasanggrahan KPMJB (Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat) pada Minggu (26/9/2021).

Dimulai dengan kunjungan ke Sekretariat Gamajatim di Hay Asyir, rombongan PPMI Mesir yang dipimpin oleh Wapres PPMI Mesir, Kevin Damara disambut hangat oleh Gubernur Gamajatim, Akmal Robbani beserta jajarannya. Gubernur Gamajatim tersebut menyampaikan bahwa saat ini kegiatan di Gamajatim fokus pada pengembangan SDM dalam bidang keilmuan dan kaderisasi, “Setelah saya dilantik pada bulan Agustus lalu, kami telah mengadakan pelatihan Public Speaking, tilawah Gamajatim, kelas puisi dan sebagainya. Dan akan ada simaan 30 Juz bil ghoib di tanggal 15 Oktober mendatang,” ungkapnya.

Mengenai mahasiswa baru, Akmal Robbani mengharapkan PPMI Mesir lebih merangkul mahasiswa baru dengan membuat program yang bisa menunjang pendidikan mereka. Salah satu pengurus Gamajatim juga memberikan masukan untuk PPMI Mesir, dia menyarankan agar PPMI Mesir memberikan wadah untuk meningkatkan skill Masisir, seperti membentuk sebuah komunitas agar skill yang telah dimilki Masisir semakin berkembang dan meningkat. 

Kunjungan selanjutnya juga disambut hangat oleh Gubernur Fosgama, Muhammad Fawaid Zuhri beserta jajarannya. Fawaid Zuhri menyambut dengan baik program-program yang telah dipaparkan oleh PPMI Mesir, tapi Gubernur Fosgama ini mengharapkan ada plan B dalam program keilmuan, mengingat pandemi Covid-19 belum mereda.

Salah satu wartawan Kompas dari Fosgama juga menyarankan PPMI Mesir untuk bekerja sama dengan lembaga survei pendidikan, “Dalam melakukan survey kondisi pendidikan Masisir, PPMI perlu mendatangkan lembaga survei pendidikan yang tepercaya sehingga Kemenag menyadari kondisi Masisir di sini. Dan mungkin bisa ada penekanan jumlah keberangkatan Camaba dari Indonesia,” pungkasnya.

Kunjungan diakhiri dengan bersilaturahmi ke Pasanggrahan KPMJB di Hay Asyir. Rofi Dwicita Mahardika selaku Gubernur KPMJB beserta jajarannya menyambut baik kunjungan ini. Menanggapi program MBA (Musabaqah bil Lughah Arabiyah), Rofi Dwicita mengapresiasi program tersebut, “Kegiatan tersebut bisa memici semangat kita dan mempererat silaturahmi antar kekeluargaan,” ujarnya.

Gubernur KPMJB juga menyarankan agar program Shalawat Nusantara dan webinar-webinar yang akan diadakan oleh PPMI Mesir, bisa dikemas lebih menarik lagi karena sudah banyak kegiatan serupa  yang diadakan oleh Masisir. Rofi Dwicita sangat mendukung program PPMI Menyapa ini, dia mengharapkan follow up serta hasil dari pembicaraan ini bisa ditanggapi dengan baik.

Reporter: Nazhril Fatha Madina

Dwi Wijaya Kusuma

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *