PPMI Mesir Adakan Simulasi RAPBO; Guna Latih Dialektika Anggota Kabinet

 PPMI Mesir Adakan Simulasi RAPBO; Guna Latih Dialektika Anggota Kabinet

Ppmimesir.or.id, Kairo—Selepas Dewan Pengurus PPMI Mesir dilantik pada hari Selasa (12/08), setiap kementerian mengadakan rapat untuk merancang program kerja setahun ke depan yang akan diajukan pada sidang Rencana Anggaran Pengeluaran Belanja Organisasi (RAPBO) dengan tiap fraksi MPA-BPA PPMI Mesir.

Salah satu upaya persiapan sebelum menghadapi sidang RAPBO, Badan Pengurus Harian (BPH) PPMI Mesir berinisiatif untuk mengadakan simulasi RAPBO pada hari Selasa (24/08/2021) di Aula Wisma Nusantara, Rab’ah. Simulasi ini merupakan gebrakan baru yang belum pernah diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Acara dimulai pada pukul 14.30 WLK, dibuka dengan sambutan Wakil Presiden PPMI, Kevin Damara, lalu Bendahara Umum menjelaskan gambaran tata cara sidang. Para anggota kabinet setiap kementerian pun saling adu argumen dengan Menkonya masing-masing yang diawasi oleh BPH. Acara ini tak lain bertujuan melatih anggota kabinet agar tajam dalam berpendapat dan kuat mempertahankan argumentasinya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Presiden PPMI Mesir, Ahsanul Ulil Albab “Simulasi RAPBO diadakan untuk meningkatkan pemahaman anggota terkait programnya masing-masing dan juga berapa estimasi biaya yang dibutuhkan di setiap program. Selain itu, simulasi ini melatih anggota PPMI Mesir untuk berani berargumen ketika mengikuti sidang,” tegasnya.

Ahsan melanjutkan perkataannya bahwa di samping sebagai wadah pengabdian, PPMI Mesir juga menjadi wadah pembelajaran dan peningkatan skill bagi para anggota kabinet dengan menghadirkan program-program baru yang bermanfaat.

Reporter: Nazhril Fathara Madina

Dwi Wijaya Kusuma

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *