Wapres HPMI Yordania: Kuliah di Yordania Tidak Lalui Kemenag

 Wapres HPMI Yordania: Kuliah di Yordania Tidak Lalui Kemenag

Live Streaming via Instagram PPMI Mesir, Ardhi Nughraha Kementrian Luar Negeri PPMI Mesir dan Muhammad Luthfan Wakil Presiden HPMI Yordania.

Ppmimesir.or.id, Kairo—Wakil Presiden HPMI Yordania, Muhammad Luthfi mengatakan bahwa prosedur untuk kuliah di Yordania berbeda dengan umumnya, “Tidak ada pendaftaran melalui Kementrian Agama untuk kuliah di universitas Yordania, tetapi melalui kontak personal WhatsApp yang diinfokan di Instagram HPMI Yordania,” ungkap Luthfi pada agenda Kemenko 2 “Bincang Mahasiswa Dunia bersama HPMI Yordania” via live streaming Instagram PPMI Mesir pada hari Minggu, 26 September 2021.

Acara tersebut dimoderatori oleh Ardhi Nughraha dan Muhammad Luthfi sebagai Narasumber yang menjabat sebagai Wakil Presiden HPMI Yordania. Sebelum mendaftar universitas di Yordania, Muhammad Luhfi juga menyarankan harus mengetahui universitas mana yang akan dituju dari tiga daerah di Yordania yaitu: Amman, Irbid, Mu’tah. “Tiga derah ini yang biasanya banyak ditempati oleh teman-teman Indonesia di Yordania,” katanya. Kemudian ia menjelaskan macam-macam universitas yang terdapat pada setiap daerah tersebut.

Selain mengetahui universitas mana yang akan dituju dan dipilih, pendaftar juga harus mengetahui jurusan yang akan ditempuhnya dalam universitas tersebut serta memenuhi langkah-langkah selanjutnya. “Jika semuanya telah matang disiapkan, maka teman-teman bisa langsung kontak penanggung jawab di setiap kampus yang telah ditampilkan dalam postingan HPMI Yordania,” kata Luthfi.

Pihak penanggung jawab akan mengarahkan langkah-langkah selanjutnya untuk pendaftaran universitas tertentu seperti menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan: Akta kelahiran, nilai rata-rata, dan ijazah yang sudah diterjemahkan ke bahasa Arab. Setelah itu bisa dikirim melalui email HPMI Yordania dan memenuhi administrasi yang telah disiapkan panitia. Ketika persyaratan sudah terpenuhi maka akan ada sesi wawancara yang akan dilakukan oleh panitia Camaba (Calon Mahasiswa Baru).

Luthfi juga mengatakan bahwa HPMI Yordania membuka pendaftaran dua kali dalam satu tahun. “HPMI Yordania buka pendaftaran dua kali dalam satu tahun, semester pertama dan semester kedua. Untuk semester sudah ditutup ya! Sudah terdapat 72 mahasiswa baru yang mendaftar. Insyaallah HPMI Yordania akan membukan pendaftaran gelombang kedua pada bulan Januari,” ucapnya.

Di Yordania tidak ada tes khusus untuk masuk ke kampus. “Ketika teman-teman selesai mendaftar ke salah satu universitas di Yordania, teman-teman sudah langsung masuk menjadi mahasiswa Yordania, kecuali University of Yordan,” pungkasnya.

Reporter: Jaya Wijaya

Dwi Wijaya Kusuma

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *