Tips dan Petunjuk Penting Sebelum Memasuki Cairo International Book Fair, Maba Harus Baca Ini

 Tips dan Petunjuk Penting Sebelum Memasuki Cairo International Book Fair, Maba Harus Baca Ini

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Cairo International Book Fair sudah di depan mata, Namun anda masih belum tahu tentang Pameran Buku tersebut, kitab-kitab apa saja yang harus saya beli? bagaimana cara memilih buku? Stad mana saja yang harus saya kunjungi? Transportasi apa yang bisa saya gunakan? dan lain sebagainya. Nah bagi anda yang akan mengunjungi pameran tersebut, sila simak beberapa tips berikut:

MENGENALI HALL & STAND PAMERAN BUKU
1. Perlu diketahui, tidak semua harga di pameran buku CIBF pasti lebih murah dibandingkan dengan harga di Maktabah aslinya.

2. Ketika si penjual menyatakan harga “qabla khasm” sekian, “ba’da khasm” sekian. Bukan berarti diskon nyata. Melainkan itu trik pemasaran. Intinya pintar-pintar milih.

3. Bagi kawan-kawan Masisir yang masih bimbang -terkhusus mahasiswa baru- maka alangkah baiknya yang pertama dikunjungi ialah stand AL-AZHAR ASY-SYARIF, di Hall 4. Karena ini intinya inti; sebagai Mahasiswa Al-Azhar.

4. Bagi yang benar-benar ingin mencari buku pribadi, alangkah baiknya untuk tidak jauh-jauh ke CIBF hanya untuk datang ke stand Dar Taufiqiyah, Dar Hadits, Maktabah Shafa, Dar Alimiyah, Dar Atsar, dan lain-lain. Karena di Darrasah ada, bisa jadi lebih murah.

5. Begitupun tidak hanya tertuju pada stand Maktabah yang presisinya di Hall 4. Kecuali ada beberapa Maktabah luar Mesir, seperti Dar Hadhra’, Saudi. Dan kecuali menerbitkan buku baru khusus untuk promo di CIBF.

6. Jangan lupa juga kunjungi stand Dar Al-Wabil Ash-Shaib, di Hall 4. Di situ akan menemukan sejumlah gudang karya-karyanya Syeikh Dr. Ali Jum’ah beserta murid-muridnya. Dimana hal ini mampu membantu kawan-kawan Mahasiswa dalam memahami pemikiran Al-Azhar terhadap golongan-golongan ekstrim yang bertentangan.

7. Jika ingin mencari penerbit Dar Minhaj, Jeddah. Alangkah baiknya kunjungi stand Darussalam. Karena biasanya lebih murah.

8. Sementara jika ingin mencari buku-buku Sayyid Alawi Al-Maliki; bisa langsung ke stand Dar Al-Hawi & Sanabil di Hall 3; biasanya ada diskon besar-besaran. Begitupun Muassasah Risalah, seperti karya-karyanya Syeikh Hasan Hitou, Syeikh Zaidan, dan lain-lain; seringkali ada diskon khusus. Sementara ingin cari karya-karyanya Syeikh Said Fodeh; bisa ke stand Nurul Mubin, Jordan di Hall 3.

9. Dalam hal ini, mungkin Hall 3 bisa jadi opsi terakhir.

10. Ini opsi kedua. Bagi yang hendak mencari buku-buku ala klasik maupun modern atau kontemporer -sebagai muthalaah- dengan kualitas percuma; soft cover; juga terpercaya. Baik dalam bidang kajian turats, pemikiran, bahasa, seni, dan lain-lain. Bisa kunjungi Hall 1. Di sana kawan-kawan akan menemukan: Haiah Mishriyah, Dar Nahdhah, Dar Al-Basyir, Dar Maarif, Markaz Qaumi li Tarjamah, Dar Fikr, Maktabah Tsaqafah, bahkan Tabarak juga ada (bagi yang jauh-jauh ke CIBF hanya untuk ke tempat tersebut).

11. Setelahnya Hall 2. Kawan-kawan akan menemukan sejumlah stand maktabah yang tidak jauh beda dengan Hall 1. Mau yang berbasis bahasa, di sini lengkap. Kawan-kawan akan menemukan The American University, Dar Syuruq, Maktabah Adab, Majma’ah Lughah Arabiyah, Dar Mishriyah Lubnaniyah, Dar Tsaqafah Jadidah. Sebutlah Hall 1 dan 2 ini sebagian rata-rata ibarat buku-buku di Gramedia.

12. Adapun denah lokasi stand dari setiap Hall-nya bisa dicek di bawah ini:

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_raw_html]JTNDcCUzRSUzQ2JyJTJGJTNFJTNDaWZyYW1lJTIwc3JjJTNEJTIyaHR0cHMlM0ElMkYlMkZkcml2ZS5nb29nbGUuY29tJTJGZmlsZSUyRmQlMkYxRnM3cm9JVk5Ud0EtQldfTDFwc0ZqVUVhT2Vvd2ZNMUwlMkZwcmV2aWV3JTIyJTIwd2lkdGglM0QlMjI3MjAlMjIlMjBoZWlnaHQlM0QlMjI0ODAlMjIlMjBhbGxvdyUzRCUyMmF1dG9wbGF5JTIyJTNFJTNDJTJGaWZyYW1lJTNFJTNDJTJGcCUzRQ==[/vc_raw_html][vc_column_text]

Baca juga: Mengapa Al-Azhar Masih Bertahan Kokoh?

 

BUKU APA YANG HARUS DIBELI TERUTAMA UNTUK PEMULA?
1. Buku tentang Keazharan. Seperti: Al-Azhar Jami’an wa Jami’atan, Al-Azhar fi Alfi ‘Amm, Masyikhatul Azhar, Al-Azhar Nasy’atuhu wa Dauruhu, Al-Madrasah Al-Azhariyah, Kanzu Al-Jauhar fi Tarikh Al-Azhar. Karena aib bagi Mahasiswa Al-Azhar jika tidak banyak tahu tentang Universitas ternamanya (yang sebagai pusat peradaban ilmu Islam).

2. Buku yang berkaitan dengan pembelajaran (taallum), utamakan. Baik itu ilmu alat maupun maqashid. Sementara yang berkaitan dengan bacaan (muthalaah); untuk memperluas wawasan.

Ada beberapa kitab dalam bidang ilmu alat yang harus dimiliki:
A) Sharaf (‘Aunul Ma’bud syarah Nadzm Al-Maqsud karya Abi Abdurrahman Ibrahim Al-Yamani).
B) Nahwu (Tuhfah Saniyah syarah Ajrumiyah karya Syeikh Muhyiddin Abdul Hamid).
C) Balaghah (Tuhfatu Al-Ikhwan fi Ilmi Al-Bayan karya Syeikh Ahmad Dardir & Durusu Al-Balaghah karya Syeikh Al-Hifni dkk).
D) Mantiq (Idhahu Al-Mubham syarah Sullam Al-Munawraq karya Syeikhul Azhar Ad-Damanhuri).
E) Ilmu Adab (Maqamat Al-Hariri, Adab Al-Katib karya Ibnu Qutaibah).
F) Ulum Hadits (Ad-Duru Al-Bahiyah syarah Al-Baiquniyyah karya Syeikh Hisyam Kamil atau Bulughu Al-Umniyyah karya Dr. Lukman).
G) Ulum Qur’an (Ulumu Al-Qur’an karya Syeikh Nuruddin ‘Ithr).
H) Ushul Fiqh (Syarh Al-Waraqat karya Imam Al-Mahalli).

Nb: Dan yang diutamakan, usahakan minimal punya 2 macam Hasyiyah dari setiap bidang di atas atau level di atasnya. Beberapa kitab-kitab ini bisa didapat di Maktabah Mirats An-Nubuwah.

Adapun dalam ilmu maqashid yaitu:
A) Aqidah (Syarh Al-Kharidah Al-Bahiyyah karya Syeikh Ahmad Dardir atau Ittihaf Al-Murid ala Jauharah At-Tauhid karya Syeikh Ibrahim Al-Laqqani).
B) Fiqh (Syarh Sittin Al-Mas’alah karya Imam Ar-Ramli & Safinah Naja karya Syeikh Salim bin Sumair, atau Fathul Qarib).
C) Hadits (Arbain An-Nawawiyah, Al-Adzkar, Riyadh Ash-Shalihin karya Imam An-Nawawi).
D) Tafsir (Tafsir Al-Jalalain karya Imam Al-Mahalli & Imam As-Suyuti, Tafsir Al-Baidhawi karya Imam Al-Baidhawi).

3. Mencari buku-buku penunjang untuk takhasus di bidang tertentu. Baik itu Syarh, Hasyiyah, Muthawalat, juga kitab-kitab setiap level dari mubtadi’, mutawasith, muntahi. Semisal ingin masuk Aqidah Filsafat: Maka yang diprioritaskan buku-buku yang berbau dengan filsafat, pemikiran, theology; baik itu klasik maupun kontemporer.

Baca juga: Madrasah Keilmuan Al-Azhar

 

LALU BAGAIMANA CARA MEMILIH BUKU?
1. Beli buku Al-Kutub Al-Mukawwinah karya Syeikh Ali Jum’ah, di Dar Sholeh. (Di situ akan dibantu mengenai kitab-kitab apa saja yang perlu dimiliki seorang thalib sesuai dengan bidangnya; terdapat 27 bidang ilmu. Juga tertulis sinopsis ringkas terkait kitab tertentu). Dan beli buku Dalil Al-Manahij Al-Azhariyah karya Syeikhul Azhar Ahmad Ath-Thayyib (di dalamnya terdapat daftar nama-nama buku yang direkomendasikan oleh beliau untuk dimiliki).

2. Jika ingin cari kitab turats, maka yang harus diperhatikan adalah:
A) siapa penulisnya,
B) lalu penerbitnya,
C) juga pentahkiknya,
D) terdapat fotokopi manuskrip di halaman depan,
E) ditambah taqridz dari beberapa ulama (jika ada).

Nb: Tidak semua yang covernya menawan; kualitas isinya pun rupawan.

3. Jika buku-buku kontemporer yang berbahasa Arab. Maka yang perlu diperhatikan juga adalah: Siapa pengarangnya, usahakan terkenal dan memiliki profil biografi yang jelas.

4. Minta rekomendasi dari senior terdekat.

5. Inti dari inti; ketika tiba di rumah. Buku jangan cuma dipajang, tapi dibaca. Setidaknya dibaca terlebih dahulu mukaddimahnya.

 

Kendaraan Menuju Ke CIBF

Terkait kendaraan, maka nanti akan ada Bis khusus yang mengantarkan ke tempat pameran kitab, terkait rute-rutenya bisa dilihat di bawah ini:

خط ١: عبد المنعم رياض – رمسيس – عباسية – جامعة الأزهر – محور المشير – معرض الكتاب (Rute 1)

خط ٢: دوران شبرا – ش شبرا – أحمد حلمي – ش رمسيس – عباسية – نادي السكة – جامعة الأزهر – محور المشير – معرض الكتاب (Rute 2)

خط ٣: النزهة الجديدة – ميدان الحجاز – السبع عمارات – مكرم عبيد – مصطفى النحاس – المنهل – الوفاء والأمل – معرض الكتاب (Rute 3)

خط ٤: الأميرية – ميدان المطرية – الحلمية – كلية بنات عين شمس – ميدان هشام بركات – الحي السابع – حي السفارات – معرض الكتاب (Rute 4)

خط ٥: ميدان الجيزة – جامعة القاهرة – القصر العيني – السيدة عائشة – الأتوستراد – جامعة الأزهر – معرض الكتاب (Rute 5)

خط ٦: صقر قريش – كارفور المعادي – نادي وادي دجلة – الطريق الدائري – محور المشير – معرض الكتاب (Rute 6)

خط ٧: المظلات – سراي القبة – روكسي – السبع عمارات – الحي الثامن – الوفاء والأمل – محور المشير – معرض الكتاب (Rute 7)

: بالإضافة إلى خطوط عابرة ب محور المشير تمر بمعرض الكتاب  (Rute-rute tambahan)
خط ٨: أحمد حلمي – معرض الكتاب – التجمع الثالث (Rute 8)
خط ٩: عبد المنعم رياض – معرض الكتاب – الجامعة الأمريكية (Rute 9)
خط ١٠: شرق شبرا الخيمة – معرض الكتاب – التجمع الثالث (Rute 10)
خط ١١: بولاق الدكرور – معرض الكتاب – التجمع الثالث (Rute 11)

Atau Anda juga dapat menggunakan uber dengan alamat CIBF di bawah ini:

https://goo.gl/maps/5KghijGoRCrBgXGt9

Pameran Buku akan dimulai pada tangal 1 Juli sampai tanggal 15 Juli 2021. Serta dibuka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam (selain hari Jum’at). Pada hari Jum’at akan dibuka mulai pukul 1 siang sampai 10 malam. Sebelum berangkat ke Pameran pastkan anda membawa tiket yang didapat setelah mendaftar.

Bagi anda yang belum memiliki tiket segeralah mendaftarkan diri secara online melalui link di bawah ini:

https://cairobookfair.gebo.gov.eg/

 

Penulis: Menko 1 PPMI Mesir

Editor: Syaifur Rohman

 

https://www.instagram.com/p/CQqdYVZDS3j/?utm_medium=copy_link

#ppmimesir
#sinergis
#kemendik1
#pendidikan

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Syaifur Rohman

President Director of ppmimesir.or.id

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *