Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Mesir

 Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Mesir

Ppmimesir.or.id, Kairo—Semarak pesta PHBAS tak hanya dimeriahkan dengan lomba saja, tetapi pada puncak acara salah satu syekh besar Al-Azhar turut hadir dalam memeriahkan puncak acara yang digelar di Rumah Limas, Hay Asyir (23/3) pada pukul 16.00 CLT, yaitu syekh Dr. Syarafuddin Al-Azhary yang merupakan pendiri sekaligus pengajar di salah satu asrama mahasiswa Al-Azhar.

Baca juga: Revitalisasi Al-Azhar Terhadap Kitab Al-Majmu’

Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia (PHBAS) diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Lughoh (Bahasa). Dikarenakan hari peringatan tersebut 18 Desember berbenturan dengan ujian semester, maka pesta perayaan diundur hingga ujian selesai. Sebelum acara puncak dilaksanakan, PHBAS diselenggarakan dengan beberapa lomba, seperti lomba membaca syair, membaca berita, dan juga podcast yang diharuskan berbahasa Arab. Hasil karya dinilai oleh beberapa juri terpilih dengan melihat kemampuan peserta dari segi lahjah, intonasi, dan kepiawaian seni bahasa.

Dari hasil penilaian para juri, peserta yang berhasil menjadi juara berasal dari berbagai fakultas, seperti juara lomba podcast diraih oleh Nadia Rahmatika, juara lomba membaca syair diraih oleh Nizar Ramadhan, mahasiswa jurusan Syariah, dan juara baca berita diraih oleh Rivi Alif Rizal.

Baca juga: Pemerintah Mesir Resmi Larang Iktikaf dan Maidaturrahman Selama Ramadan Tahun Ini

Selama acara berlangsung seluruh mahasiswa dan partisipan yang hadir diharuskan memakai bahasa Arab sebagai bahasa utama untuk menghormati perayaan tersebut. Para peserta yang hadir tak hanya dari mahasiswa jurusan bahasa saja, namun berlaku untuk umum. Dengan jargon andalan ‘Peran Mahasiswa Al-Azhar dalam Melestarikan Bahasa Arab’ mampu membangkitkan semangat mahasiswa yang tengah kusut tertimbun oleh masa pandemi sekaligus terpaan arus ujian semester yang selesai pada tanggal 25 maret lalu.

 

Reporter: Faradila Fahma

Editor: Nazhril Fathra

Syaifur Rohman

President Director of ppmimesir.or.id

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *