PPMI Mesir Adakan Webinar Pembekalan Alumni Al-Azhar 2020

 PPMI Mesir Adakan Webinar Pembekalan Alumni Al-Azhar 2020

Ppmimesir.or.id, Kairo—Sebagai rangkaian acara prawisuda alumni Al-Azhar Mesir yang diselenggarakan PPMI Mesir pada tanggal 27 Oktober 2020. PPMI Mesir mengadakan webinar pembekalan alumni Al-Azhar selama 5 hari beruntun dari tanggal 22-26 Oktober 2020 secara daring, melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara yang dikordinatori oleh Kemenko 1 PPMI Mesir, dibuka secara resmi oleh Bapak Muhammad Aji Surya selaku KUAI KBRI Kairo pada Kamis (22/10/2020) pukul 12:00 WLK.

Webinar ini diselenggarakan guna memberikan bekal dan informasi yang cukup kepada alumni dan mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi dunia pendidikan pascasarjana. Dalam 5 hari tersebut panitia menghadirkan 5 tema sebagai berikut. Pertama, Dakwah dan Tantangan di Tanah Air. Kedua, Jenjang Pendidikan Pascasarjana Dalam dan Luar Negeri. Ketiga, Kontribusi Alumni Al-Azhar dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia. Keempat, Azhari dalam Simpul Diplomasi dan Birokrasi. Kelima, Membangun Jiwa Entrepreneur di Era 4.0.

Baca juga: Hukum Meremehkan Sosok Nabi Muhammad SAW

Panitia menghadirkan Habib Gaes Assegaf untuk membahas seputar muhasabah dakwah. Syekh Amru Wardani yang memaparkan perihal manhaj dakwah pada webinar pertama yang diselenggarakan Kamis, (22/10). Selain itu, pembahasan tentang karakteristik masyarakat Indonesia dalam perspektif psikologi diampu oleh Ibu Annisia Kumala Mashadi, Lc., MA. pada hari ketiga pelaksanaan webinar (24/10), dikarenakan beliau berhalangan hadir di hari pertama.

Tema kedua dalam webinar yang dilaksanakan Jum’at, (23/10) dihadiri oleh Kamal Ihsan, Lc. selaku alumni universitas Al-Azhar yang melanjutkan pascasarjana di UGM, untuk berbagi informasi seputar pendidikan pascasarjana di dalam negeri. Sedangkan pendidikan luar negeri dihadiri oleh teman-teman dari PPI luar negeri. Faizah Dewi dari PPI Turki, Winni Maisyarah dari PII Belgia dan Giashanti Umari dari PPI Rusia guna memberikan informasi pendidikan pascasarjana di negeri mereka belajar.

 

Baca juga: Manhaj Azhari dalam Menuntut Ilmu

Adapun tema ketiga dan keempat digabung dalam satu hari pada Minggu, (25/10). K.H. Hasanuddun selaku perwakilan dari Dewan Syariah Nasional menjadi narasumber pada tema ketiga perihal ekonomi Islam. Sedangkan tema keempat terkait diplomasi dan birokrasi diisi oleh Bpk. Muhammad Aji Surya selaku KUAI KBRI Kairo sebagai narasumber.

Penutupan webinar dilaksanakan setelah pembahasan tema terakhir pada Senin, (26/10). PPMI Mesir bekerja sama dengan KBRI Kairo untuk menghadirkan beberapa wirausaha yang telah sukses di tanah air, guna berbagi informasi kiat sukses wirausaha kepada mahasiswa Indonesia di Mesir. Narasumber yang hadir dalam kesempatan ini Bpk. Anies Heru Prasetyo, M.M, Ph.D, RFP-I. sebagai dosen dan peneliti bidang finance, governance, risk dan compliance PPM SoM. Kemudian Bpk. Ir. Sugiri merupakan Direktur Utama PT. Halalan Thayyiban Indonesia (makanku), dan Wakil Direktur Utama PT. Sarana Besar Digdaya (wongsolo group). Bpk. Prof. Bambang selaku Atase Pendidikan KBRI Kairo juga turut hadir di penghujung acara.

Webinar ini berlangsung dengan baik yang diikuti 80 peserta dari berbagai fakultas dan kekeluargaan. Agenda ini ditutup oleh Presiden PPMI Mesir, Farhan Azis Wildani pada 26 Oktober 2020 pukul 14:00 WLK. “Tujuan dari ilmu adalah mengamalkannya, maka ilmu yang hakiki adalah yang terefleksikan dalam kehidupan, bukan yang bertengger di kepala. Webinar pembekalan ini sangat bermanfaat bagi para alumni untuk memperluas wawasan keilmuan dan kesiapan terjun ke masyarakat,” pungkas Presiden.

 

Reporter : Risqi Kurdianto

Editor: Dwi Wijaya

Syaifur Rohman

President Director of ppmimesir.or.id

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *